Senin, 23 April 2012

Sejarah Netscape


Netscape Navigator merupakan peramban web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa peramban web berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh. Netscape Navigator merupakan peramban yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Selain tersedia dalam bentuk Netscape Navigator, Netscape juga mengeluarkan paket suite Internet, yang disebut sebagai Netscape Communicator, yang menggabungkan Navigator, klien e-mail, editor halaman web, dan aplikasi lainnya.
Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat kode sumber terbukanya setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah peramban web yang merupakan gagasan bagi peramban Mozilla Firefox.


Kelebihan dan kekurangan Netscape Navigator

         Kelebihan
Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.Netscape Navigator merupakan web browser yang stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload dandownload.

         Kekurangan
Secara GUI (Graphical User Interface) web browser ini kurang bagus (kasar). Netscape Navigator merupakanweb browser yang dikomersilkan pada saat itu, web browser ini mulai mengalami kehilangan peminat/penggunanyapada saat IE mulai terpasang secara default ketika menginstall Microsoft Windows.

Pengertian Wap, Http, 3G,E-Commerce, kbps, e-crime

·         Wireless Application Protocol disingkat WAP adalah sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus.

·         Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.


·         3G (dari bahasa Inggris: third-generation technology) merupakan sebuah standar yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang diadopsi dari IMT-2000[1] untuk diaplikasikan pada jaringan telepon selular


·         Kbps merupakan  operator yang dapat menikmati kecepatan internet hingga 512 kilobits per detik (Kbps). Nilai ini merupakan kapasitas koneksi dari rumah anda ke lokasi MNET.Dengan kata lain, nilai tersebut adalah kecepatan maksimum internet Anda.


·         Electronic commerce, adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

·         E-crime
adalah istilah umum yang digunakan untuk mengklasifikasikan penyidikan tindak pidana, di mana komputer atau perangkat elektronik lainnya telah digunakan dalam beberapa cara untuk memudahkan terjadinya kejahatan


Manfaat Internet

a.    Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan
b.    Sebagai sumber tambahan Pelajaran Yang belum di mengerti di Sekolah
c.    Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-cara Penggunaan Komputer
d.   Sebagai Sarana Komunikasi

Kejahatan online

1.   Penipuan dengan dalih menawarkan pencarian kerjaan.
Targetnya adalah rekening bank kita/kalau di Amerika, nomor jaminan sosial. Hasilnya adalah uang di dalam rekening sudah terkuras, tapi tetap saja kita tidak mendapatkan pekerjaan dari situs penipu ini.

2.   “Servis Penyelesaian Hutang Bank Dengan Cara Ringan”.
Target : Penipuan dengan dalih “Hutang Bank Anda Lunas Dalam Waktu Singkat” Hasil nya sudah pasti bisa ditebak, sang korban akan semakin bertumpuk hutangnya karena memang tidak ada penyelesaian apapun dari situs ini.

3. “Kerja Dari Rumah”
Slogan : Segera Pecat Boss Anda ! Kami akan mengajarkan anda cara menghasilkan uang dari bisnis online atau membuka toko online dari rumah anda

Target : Pekerja segera pensiun dari rutinitas kerja jam 09 pagi sampai 5 sore. Tanpa diketahui, ternyata korban menjadi tukang tadah/penjual barang-barang ilegal.
Hasilnya : Bukan mendapat pekerjaan tapi justru kita malahan habis uang sampai jutaan dollar.


3.   Kedok Reseller (menjual kembali suatu produk yang dilakukan oleh penjual setelah penjual tersebut membelinya )
Target : Mengumpulkan jutaan dollar untuk menutupi biaya ongkos situs/web perusahaan.
Hasil : Setelah ongkos dibayar, reseller tidak pernah mendengar apapun dari perusahaan penipu.

4.   “Penawaran Produk Gratis & mudah akses ( tapi Buntutnya Tidak Gratis)
Awalnya produk ditawarkan bisa diakses gratis , tapi setelah konsumen tertarik, maka akan dikenai biaya tagihan setiap bulan dan agak susah untuk berhenti dari langganan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar